Apa Bedanya Kayu Jati, Merbau, Dan Sonokeling.

Apa bedanya jati, merbau, sono keling. Yang mana yang paling bagus untuk kamar tidur?

Kayu Jati warnanya kuning kecoklatan dengan serat kembang, Kayu merbau warnanya Kemerahan dengan serat garis kecil-kecil. Kayu sono keling warnanya hitam dengan serat mirip jati. ketiganya termasuk berkualitas tinggi juga disebut kayu keras (Hard Wood) tahan lama dan tahan rayap.
Yang membedakan harga sbb;
Kayu Jati paling mahal karena kualitasnya sudah teruji sejak jaman dahulu, Proses penanamannya juga membutuhkan waktu minimal 40 tahun agar bisa dipanen, dan jika kayu jati sudah dipanen sebelum usia 40 tahun, maka kualitsnya sedikit lebih rendah, namun tetap lebih tinggi dibanding kayu biasa seperti kayu kampung.
Kayu Jati banyak digunakan untuk dibuat Furniture, Kusen dan Pintu juga baik untuk Lantai Kayu
Standar diameter Log Kayu Jati yang berumur 40 tahun hanya 40cm, artinya pertumbuhan Kayu jati hanya 1cm pertahun.
Untuk itu jika kita menemukan Log Kayu Jati dengan diameter lebih dari 1 meter, maka dapat dipastikan bahwa kayu tersebut sudah tumbuh lebih dari 100 tahun.

Kayu sono keling harganya hampir sama dengan Kayu Jati. Hanya untuk jenis Kayu Sonokeling ini bukan kualitas yang menjadikan Kayu ini mahal, tapi jenis atau motif serat dari kayu ini yang sangat unit dan khas. Warnanya yang dominan serat hitam tidak dimiliki jenis kayu lain, Sedangkan dari segi ketahanan, jenis kayu Sonokeling ini rentan terkena rayap, untuk itu diperlukan bahan kimia anti rayap untuk melindungi Kayu ini.

Kayu Merbau adalah salah satu jenis kayu yang dihasilkan dari Papua Irian Jaya.
Kayu Merbau adalah jenis Kayu Keras lebih keras dari Kayu Jati dan Sonokeling. Kayu Merbau juga memiliki kualitas dan ketahanan yang baik,
Kayu Merbau banyak sekali digunakan untuk Furniture, Kusen dan Pintu, maupun juga Lantai Kayu Parquet.

Apa yang maksud dengan jati KW 1 atau KW 2.
Jenis Kayu KW 1 dan KW 2= Setiap produksi Lantai Kayu, pasti ada yang hasilnya bagus dan kuran bagus, Dari segi presisi dan dari segi tampilan ada yang berwarna coklat dan warna putih. keduanya disortir. yang paling bagus masuk ke KW.1, yang kurang bagus masuk ke KW.2.

Apakah kayu ini ada kemungkinan kena rayap?
Untuk Jenis kayu keras kelas 1 seperti jati,Merbau,kayu besi/ulin,atau sono keling.rata2 didalam kayu tersebut terdapat senyawa tektikuinon,sebagai senyawa anti rayap,sehingga dalam pemakaiannya bisa tahan lama,bahkan bisa berumur ratusan tahun.bisa kita lihat kalau di daerah kamlimantan banyak jembatan yang terbuat dari kayu ulin,dan umurnya sudah ratusan tahun.Dan bisa kita lihat juga seperti bantalan kereta api,sampai sekarang di beberapa titik masih menggunakan bantalan dari kayu.
Sedangkan untuk jenis lantai kayu Vinyl,rata2 menggunakan bahan anti rayap buatan,dan ini sifat pemakaiannya temporer.

Harga Lantai Kayu Ini berpariasi, anda bisa melihatnya di artikel kami yang lain.

Save

Save

Iklan


Kategori:Artikel dan Berita

Tag:, , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: